Agape Tour

Pengunjung




TIPS MENJADI SEORANG PEMANDU WISATA

Pemandu wisata atau Tour Guide dalam bahasa inggris merupakan sebuah profesi dalam kepariwisataan. Pada 27 Maret 1983 dibentuk Himpunan Duta WISATA Indonesia (HDWI) di Pulau Bali yang kemudian pada tgl 5 oktober 1988 nama HDWI diganti menjadi Himpunan Pramuwisata Indonesia atau disebut HPI, dan secara nasional telah dibentuk organisasi yang mewadahi profesi ini.

Berikut adalah beberapa definisi Pramuwisata:

=> Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Pramuwisata adalah petugas pariwisata yg berkewajiban memberi petunjuk dan informasi yg diperlukan wisatawan. Pramuwisata disebut juga Pemandu Wisata atau Guide dalam Bahasa Inggris.

=> Menurut Peraturan Menparpostel RI, Pramuwisata adalah seseorang yang bertugas memberikan bimbingan, penjelasan dan petunjuk tentang objek wisata serta membantu keperluan wisatawan lainnya.

=> Menurut EN 13809 OF EUROPEN COMMITTEE FOR STANDARDISATION (CEN) ADOPTED BY WFTGA AT ITS DUNBLANE SCOTLAND CONVENTION 2003, TOURIST GUIDE is a person who guides visitors in the language of their choice and interprets the cultural and natural heritage of an area which person normally possesses an area-specific qualification usually issued and /or recognized by the appropriate authority.

Menjadi seorang pemandu  wisata harus dituntut dalam beberapa hal, antara lain:

1. JUJUR DAN SOPAN.

Seorang Pramuwisata harus jujur dalam melaksanakan tugasnya dan harus tetap sopan terhadap setiap wisatawan yang dibawanya. Seorang Pramuwisata tidak dibenarkan mengada-ngada dalam memberikan informasi sebuah objek wisata.

2. WAWASAN.

Sorang Pramuwisata harus memiliki wawasan yang luas baik wawasan umum dan wawasan tentang objek wisata dimana seorang pramuwisata  itu bertugas.

3. PENAMPILAN.

Seorang Pramuwisata harus selalu berpenampilan sopan dan menyesuakin pakaian dengan program perjalanan wisata yang dijalankan. Ataupun memakai seragam dari organisasi HPI itu sendiri.

4. PRILAKU / ETIKA.

Seorang Pramuwisata harus selalu menjaga etika dalam melaksanakan tugasnya. Seorang pramuwisata tidak boleh menyingung perasaan orang lain/ tamu dalam menyampaikan penjelasan suatu objek wisata atau penjelasan lainya.

5. STRUKTUR BAHASA.

Seorang Pramuwisata harus memiliki struktur bahasa yang baik dan benar sehingga wisatawan dengan mudah mengerti apa yang dismapikan oleh seorang Pramuwisata atau Tour Guide.

6. KESEHATAN       

Seorang Pramuwisata harus memiliki kesehatan yang prima agar dalam melaksanakan tugasnya sebagai pemandu dapat berjalan dengan maksimal. Sangatlah kurang baik kesanya jika karena seorang pemandu wisata kelihatan pucat pasi ketika guiding di depan para wisatawan.

     Selain hal-hal diatas, tentu masih ada hal lain yang harus dimiliki seorang Pramuwisata yang profesional dan handal. apakah anda minat menjadi seorang Pramuwisata? 

HORAS, MEJUAH-JUAH

PESONA INDONESIA – PESONA DANAU TOBA 

Bank


MANDIRI
NoRek. 1050011328543
An. Nurhaijah Verawati Saragih


BNI 46
NoRek. 021 729 4187
An. Esron Tarigan

Gallery Photo

Trip Advisor